Tuesday, May 19, 2009

The Best Bebek Ever....

hmmm ngebayanginnya aja udh bikin ngiler...
yup semenjak pindah ke Surabaya sekitara tahun 1998- 2006, bebek jadi salah satu maeman favoritku.

selama di surabaya sudah mencoba untuk keliling mencari bebek enak dan inilah hasil survey rasa menurut lidah seorangku:
1. Bebek bratang - ini bebek pertama yang aku rasain, inget banget di tanggal 8 Oct 1998 dua orang sahabatku mengajakku kesini, situasi pada waktu itu adalah aku baru putus dari pacarku dan dua sahabat ini sedang berusaha untuk memghiburku. lumayan sukses juga sih, secara bebek yang mereka tawarkan memang enak banget,bebeknya sedikit berminyak, gurih dengan sambel yang wiiihh puedes banget.
2. Bebek kedua yang aku rasain adalah bebek kayu tangan (BKT) masih di jalan bratang. Bebek ini memang udah terkenal enak se surabaya, dan kalau tak salah juga sudah buka cabang di daerah hasyim ashari jakarta. yang membuat bebek ini enak adalah karena bebeknya digoreng kering dengan sambel yang cukup pedes.
3. Bebek tumapel di jalan tumapel belakang danamon cabang darmo merupakan bebek favorit ku, rasa bebeknya sama dengan bebek yang ditawarkan bebek kayu tangan, hanya saja sambelnya yang buat ia menjadi istimewa. Yang jual adalah orang Madura asli sehingga rasanya juga jawani sekali. Rasa sambalnya agak manis-manis gurih yang bikin nagih, ditambah lagi sinom yang mereka sediakan membuat semuanya jadi istimewa.
4. Bebek di depan BCA jalan tugu pahlawan, bisa dibilang tempat yang cukup bersejarah, karena setelah 3x mencoba untuk kesana dengan Al dan selalu ramai, akhirnya di akhirn 2006, kami akhirnya berhasil mecobanya. Yang bikin dia istimewa adalah kegurihan bebeknya dan adonan sambel pencit yang bikin seger (pencit=mangga muda)
5. Bebek lainnya yang bisa bikin goyang lidah adalah bebek HT yang terletak dibelakang Superindo tenggilis. ada bebek super yang mereka tawarkan, bebek raksasa yang digoreng garing dengan sambal yang menggigit.
6. Adalagi bebek Kraton, yang unik disini adalah ada 3 macam bebek yang ditawarkan, gurih, asin dan manis. Sementara sambalnya juga tak hanya 1 yang ditawarkan, dimeja disediakan beberapa macam sambal yang bisa kita pilih. untuk rasa, menurut ku sih tak seistimewa tumapel.

untuk di jakarta sendiri setidaknya ada 2 bebek yang aku rekomen:
1. Bebek Palupi yang terletak dibelakang gedung wisma bakrie 2 - rasuna-kuningan. Kenapa? karena bebeknya yang besar dengan 2 sambal, sambal matang dan sambal mentah. ditambah lagi sayur asem yang bikin seger.
2. Bebek Ireng jalan tendean sebelah trans TV, kalau ngeliat bentuknya sih bikin ilfil karena item banget, tapi setelah mencoba, hmmm bikin goyang lidah, belum lagi sambelnya yang bikin lidah nggak berhenti mengecap.

Sekian laporan perbebekannya.

1 comment:

  1. Bebek presto di cibubur...ga jauh dari pintu keluar tol hehehhehehehe enaaaakkk...lunak...nyam2...murah pulakh..

    ReplyDelete